RS Siti Miriam Lulus Akreditasi Perdana

Akreditasi Perdana RS Siti Miriam
15 – 16 Mei 2017

Dewasa ini,  masyarakat lebih kritis dalam memilih dan menentukan tentang pelayanan kesehatan yang terbaik yang ingin diperolehnya. Apabila ada pelayanan yang mungkin dirasa kurang memuaskan, masyarakat tidak segan untuk menegur baik secara lisan maupun tulisan yang bisa disampaikan melalui kotak saran.

Oleh karena itu, untuk menghadapi masyarakat saat ini, maka pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan mewajibkan dilaksanakannya akreditasi rumah sakit yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit di Indonesia.

Akreditasi merupakan pengakuan resmi kepada rumah sakit yang telah memenuhi standar pelayanan kesehatan dan wajib dilakukan oleh semua rumah sakit. Tujuan dilakukannya akreditasi adalah agar rumah sakit dapat meningkatkan mutu pelayanan, melalui implementasi standar akreditasi yang berorientasi kepada pasien, lalu agar rumah sakit dapat mengetahui dan menerapkan standar akreditasi serta meningkatkan pemahaman para praktisi rumah sakit terhadap standar akreditasi pelayanan yang berfokus kepada pasien.
Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit yang berkualitas, maka dibentuklah sebuah komisi yang khusus memberikan standar pelayanan yang baik bagi rumah sakit, yaitu Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada tanggal 10 Juni 2017 kemarin, kami mengetahui kelulusan akreditasi perdana RS Siti Miriam melalui situs resmi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Terima kasih untuk para pengunjung dan segenap karyawan RS Siti Miriam atas dukungan dan kerjasamanya.

Proses tahap persiapan akreditasi yang telah dilalui oleh Rumah Sakit Siti Miriam dimulai dari tahun 2015 dengan melibatkan 4 pokja. 4 Pokja ini adalah :

  • Pokja HPK (Hak Pasien dan Keluarga) yang diketuai oleh drg. Kiki Yunanto,
  • Pokja KPS (Kualifikasi Pendidikan dan Staf) yang diketuai oleh dr. Venny,
  • Pokja PPI (Pengendalian dan Pencegahan Infeksi) yang diktuai oleh Eni Anggraeni, Amd.Kep
  • Pokja SKP (Sasaran Keselamatan Pasien) yang diketuai oleh Heni Irawati, Amd.Kep

Beberapa proses pembelajaran yang telah kami lakukan yaitu, pelatihan evakuasi bencana, pelatihan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), pelatihan Service Excellence, sosialisasi cuci tangan, dan beberapa sosialisasi dan pelatihan lainnya. Kami juga melakukan Study Banding ke RS Baptis Batu dan RS Panti Waluya Sawahan Malang.

Saat ini RS Siti Miriam mempersiapkan survei verifikasi akreditasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2018. Semoga kedepannya RS Siti Miriam dapat tumbuh dan berkembang agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


 

Posted in Uncategorized.